Daftar 5 Kampus dengan Jurusan Seni Rupa Terbaik di Indonesia

Daftar 5 Kampus dengan Jurusan Seni Rupa Terbaik di Indonesia – Cukup banyak anak muda sekarang ini yang memiliki kemampuan dan harapan jadi seorang seniman seperti pelukis, penari, pematung, atau bahkan juga memiliki cita-cita jadi seorang sutradara dan animator. Agar capai harapan itu, minimal mereka harus menuntut ilmu di bidang seni, baik itu seni gambar, seni tari, seni musik, perfilman, atau desain grafis.

Selainnya memilih jurusan seni yang pas, memilih tempat kuliah kesenian yang pas penting juga. Dikutip dari beragam sumber, berikut daftar kampus dengan jurusan seni rupa terbaik di Indonesia.

1. ISI Yogyakarta (Institut Seni Indonesia Yogyakarta)

Kampus dengan jurusan seni rupa terbaik pertama adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta atau dikenali dengan ISI Jogja ialah sebuah lembaga pendidikan tinggi seni negeri yang dengan status perguruan tinggi penuh, dan memiliki wewenang untuk mengadakan pendidikan sampai ke jenjang paling tinggi dan sebagai perguruan tinggi seni paling besar dan terbaik di Indonesia.

Baca Juga : Inilah 7 Jurusan Paling Diminati di Universitas Airlangga (UNAIR)

ISI Jogja dibuat atas Keputusan Presiden RI No: 39/1984 tanggal 30 Mei 1984, dan disahkan berdirinya oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, pada 23 Juli 1984.

ISI mengadakan program S1, S2 dan S3. Program S1 buka beragam cabang studi seni yang terdiri dari fakultas: yaitu Fakultas Seni Rupa, Fakultas Seni Atraksi dan Fakultas Seni Media Rekam.

Kesemuaannya terbagi dalam 11 jurusan, 12 program studi. Program S2 dan S3 buka bidang studi Pembahasan dan Pembuatan Seni. Untuk informasi secara lengkap kalian bisa terhubung ke alamat https://spmb.isi-ska.ac.id/.

2. ISI Surakarta (Institut Seni Indonesia Surakarta)

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta adalah perguruan tinggi seni negeri di bawah pembimbingan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas RI). ISI Surakarta pada awalnya ialah sebuah perguruan tinggi satu tingkat akademi bernama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta, yang dibangun sebagai salah satunya tempat untuk meniti perubahan seni tradisionil.

Baca Juga : Inilah 9 Universitas Swasta Terbaik di Surakarta, Jawa Tengah

Kampus ISI Surakarta ada di pusat budaya Jawa terutamanya dekat sama Keraton Surakarta Hadiningrat, keraton Mangkunegaran, sentral Batik Laweyan dan Batik Kauman, Taman Budaya Surakarta (TBS), dan Museum Radya Pustaka. Hingga penuh dengan beberapa kegiatan seni pementasan (wayang, tari, music dll) dan produksi dan marketing produk kerajinan.

Pasar Klewer dan Pusat Grosir Solo (PGS) jadi pusat marketing produk batik ciri khas Solo, dan Galeri Seni rupa TBS, Galeri Sudjatmoko Gramedia, dan lobi Teater Besar ISI Surakarta jadi pusat kegiatan pameran seni rupa. ISI Surakarta memiliki dua kampus, yakni Kampus Lama di Kentingan untuk Fakultas Seni Atraksi (FSP), dan Kampus Baru di Mojosongo untuk Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) dan untuk peningkatan Fakultas Seni Media Rekam (FSRM) dan Program Pascasarjana (PPs).

Dalam peningkatan program studi baru, per 23 Nopember 2010 ISI Surakarta diberi ijin buka Program Studi S1 Seni Teater, dan per 27 Desember 2010 mendapat ijin buka Program Studi Doktoral (S3) Pembuatan dan Pembahasan dari DIKTI. Alamat dari ISI Surakarta ialah https://pmb.isi.ac.id/.

3. ISI Denpasar (Institut Seni Indonesia Denpasar)

Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar ialah perguruan tinggi seni yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ada di bawah dan bertanggungjawab langsung ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. ISI Denpasar secara fungsional dibina oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

ISI Denpasar dibangun berdasar Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2003 tanggal 26 Mei 2003 yang disebut integratif dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Denpasar dan Program Studi Seni Rupa dan Desain (PSSRD) Universitas Udayana.

ISI Denpasar mempunyai tanggung-jawab untuk melestarikan, meningkatkan, dan tingkatkan kualitas seni, dan nilai- nilai budaya bangsa Indonesia. Institut Seni Indonesia Denpasar yakini seni bisa berperan jaga kesetimbangan hidup dan memperkuat jati diri untuk hadapi imbas globalisasi yang semata-mata – mata berbasiskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Informasi lengkap tentang ISI Denpasar bisa dijangkau ke alamat https://spmb.isi-dps.ac.id/.

4. IKJ (Institut Kesenian Jakarta)

Dalam umur 40 tahun, IKJ sudah memahat sejarah sebagai Perguruan Tinggi Seni pertama kali yang mempunyai semua bidang studi seni pada sebuah kampus. Semenjak awalnya, Gubernur Ali Sadikin yang disebut pencetus khusus berdirinya Lembaga Pendidikan Kesenian Jakarta – Institut Kesenian Jakarta (LPKJ – IKJ) dan Pusat Kesenian Jakarta – Taman Ismail Marzuki (PKJ – TIM) menyaksikan jika metropolitan internasional seperti Jakarta akan jadi lokasi yang kering dan miskin budaya jika tidak ada kehidupan dan pendidikan seni.

Semenjak dibangun pada 1970, IKJ sudah berperanan melahirkan seniman, pendesain, pemusik, sineas dan beragam tenaga professional seni yang hidupkan kegiatan budaya, kegiatan sosial dan kegiatan industri di Jakarta. Selainnya hasilkan lulusan yang berperanan aktif di kehidupan seni dan budaya kota, IKJ hasilkan tenaga professional pendorong perubahan Industri Kreatif Indonesia dan industri yang lain berbasiskan kesenian.

Sampai sekarang ini, IKJ yang ada dalam lindungan resmi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan selekasnya mempraktikkan Tridharma Perguruan Tinggi secara penuh pendidikan, riset dan dedikasi ke warga. Di kampus ini, beberapa pemuda akan ditempa dan dididik dalam berkesenian untuk menyambut masa depan mereka, dan untuk tentukan masa depan kesenian di Indonesia.

Kampus ini memiliki 4 Fakultas yaitu; Kakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Seni Atraksi, Fakultas Fils dan Tv, dan Program Pascasarjana. Informasi lengkap tentang IKJ bisa dijangkau di http://www.ikj.ac.id/

5. ITB (Institut Teknologi Bandung)

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB (FSRD-ITB) disahkan pada 1984, sesudah alami sejarah perubahan yang panjang semenjak 1 Agustus tahun 1947 sebagai Balai Pendidikan Universiter Guru Gambar di bawah Fakultas Ilmu Pengetahuan Teknik Universitas Indonesia di Bandung. Di tahun 1956 bersama sisi arsitektur dikombinasi jadi Sisi Arsitektur dan Seni Rupa.

Sisi Seni Rupa terdiri jadi dua bidang studi yakni Pendidikan Seni Rupa dan Seni Gambar. Fakultas Seni Rupa dan Desain memiliki tiga departemen, yakni :
a.) Departemen Seni Murni,
b.) Departemen Desain dan
c.) Departemen Sosioteknologi

Informasi lebih lengkap bisa dijangkau di alamat https://usm.itb.ac.id/home/info-program-studi.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Exit mobile version